Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

oleh -17 views

WARTAWIDYA.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi M Sodikin menegaskan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 adalah momentum paling penting untuk membangun masa depan bangsa melalui pendidikan.

“Ini momentum bagi kita, terutama penyelenggara pemerintahan, bahwa pendidikan menjadi salah satu hal penting untuk kehidupan dan kemajuan bangsa ke depan. Kurikulum Merdeka harus memunculkan inovasi dan kreasi dari beberapa pihak seperti pendidik, peserta didik, dan pihak yang lain,” kata dia setelah mengikuti upacara Hardiknas 2024 di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Kamis, 2 Mei 2024.

Terkait Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan pemerintah, Sodikin yang juga Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi menyatakan masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring dengan dinamika lingkungan dan perkembangan teknologi.

“Kurikulum ini harus senantiasa dinamis untuk dapat beradaptasi dengan berbagai situasi di lingkungan dan perkembangan teknologi. Perlu terus berproses untuk menghadapi tantangan yang ada,” ujarnya.

Sodikin mengungkapkan dukungannya terhadap Kurikulum Merdeka dan perannya sebagai koordinator Komisi IV yang membidangi sektor pendidikan di DPRD Kabupaten Sukabumi. “Dari sisi para pendidik dan pelajar mengadaptasi diri terhadap kurikulum sebenarnya sudah bagus, tinggal ditingkatkan inovasi dan kreativitas. Pendidik maupun pelajar harus memunculkan kreativitas itu,” kata dia.

Ditanya soal status Pramuka yang tidak lagi menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah, Sodikin menyebut Pramuka sangat penting dan berperan dalam pembentukan karakter. “Pramuka memiliki peran penting dalam lingkungan pendidikan dan masyarakat secara luas. Saya sangat mendukung Pramuka tetap eksis dan menjadi bagian integral dalam pembentukan karakter generasi muda,” katanya. (ADV)