Anggota DPRD Kab. Sukabumi Apresiasi Kodim 0622 Gelar Apel Siaga Bencana

oleh -115 views

SUKABUMI – Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Usep Wawan memberikan apresiasi terhadap Kodim 0622 atas pelaksanaan Apel Siaga Bencana di Lapangan Sudirman, Makodim 0622, Kampung Cikeong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan dalam rangka menghadapi bencana alam di wilayah Kodam III/Siliwangi tersebut melibatkan puluhan personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, Basarnas, BPBD, Dinsos, Dinkes, Damkar, dan unsur lainnya.

“Saya mewakili institusi DPRD Kabupaten Sukabumi sangat mengapresiasi mengenai apel siaga bencana terhadap kesiagaan penuh mengenai bencana, karena puncak hujan itu di bulan Januari sampai Maret, maka ini (kami) mengapresiasi sekali kepada jajaran Kodam Siliwangi termasuk Kodim,” ujar Usep Wawan usai mengikuti kegiatan apel.

 

Politisi Gerindra itu mengatakan, bahwa Kabupaten Sukabumi itu merupakan daerah rawan bencana terutama bencana longsor, sehingga harus lebih siap siaga.

“Di Kabupaten Sukabumi itu memang sering terjadinya longsor sehingga kita harus siap siaga. Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada yang mana saat ini sudah mulai musim penghujan,” tandasnya.

 

Sementara itu, Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo mengatakan bahwa pentingnya kesiapan menghadapi perubahan cuaca ekstrem, terutama di wilayah Sukabumi yang rentan terjadi bencana hidrometeorologi berupa banjir dan longsor.

“Hari ini bertujuan bagaimana kita untuk mempersiapkan diri, sebagai yang kita tahu saat ini cuaca mengalami perubahan yang cukup ekstrim sehingga perlu diwaspadai dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi, dimana wilayah Sukabumi rentan dengan bencana alam khususnya banjir dan longsor,” ujar Anjar.

 

Anjar menjelaskan bahwa pihaknya sudah beberapa kali melakukan kegiatan preventif untuk mengurangi terjadinya bencana alam.

“Untuk bencana alam sendiri, kita sudah melakukan langkah langkah preventif, seminggu kebelakang, kita juga sudah bersama-sama melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya kita melaksanakan pembersihan sungai atau drainase-drainase ataupun penanaman pohon dimana lahan kritis guna mengurangi resiko bencana alam,” ungkap Anjar.