Musrenbang Kecamatan, DPRD Berharap Pemkab Sukabumi Fokus Program Skala Prioritas

oleh -133 views
Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendri. |Foto: ist
Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendri. |Foto: ist

Program skala prioritas mulai dari pembangunan ekonomi, pertanian, infrastruktur, objek wisata hingga penanganan bencana

SUKABUMI – Pemerintah Kecamatan Cikakak melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/2/2023).

Beragam usulan pembangunan infrastruktur di Musrenbang yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Cikakak itu jadi prioritas utama dalam agenda tahunan.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendri berharap, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sukabumi untuk fokus dalam membuat program-program skala prioritas mulai dari pembangunan ekonomi, pertanian, infrastruktur, objek wisata hingga penanganan bencana.

Baca Juga :  Minta Diberikan Pelatihan, Driver Ambulance Desa Datangi Pendopo Sukabumi

“Ini merupakan tonggak utama sebuah perencanaan program anggaran di 2024,” Ungkap Badri.

Menurut Badri, dimana-mana program berjalan menunggu hasil musyawarah, seperti musyawarah desa yang nantinya dibawa ke musyawarah kecamatan, kemudian ditampung dari berbagai desa yang dihimpun menjadi satu kesatuan dan dilihat dari sisi skala prioritas.

“Nantinya diputuskan oleh tim Musrenbang mana yang jadi skala prioritas lalu diajukan ke tingkat kabupaten,” Jelas Badri.

Namun demikian, kata Badri, memang masih banyak kendala yang tadi disampaikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan pengembangan Daerah (Bappelitbangda) soal anggaran kita yang sangat minim sekali.

“Terkait dengan pendapatan dan belanja ini lebih cenderung belanjanya terlampau sangat luar biasa, karena memang harapan keinginan masyarakat kita kan mengebu-gebu membuat perencanaan program pembangunan,” terangnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Sukabumi: Beban Kerja Anggota PPS di Pemilu 2024 Tidak Mudah!

Walaupun demikian, msih kata Badri, tentu DPRD Kabupaten Sukabumi yang hadir di sini untuk menampung aspirasi masyarakat.

Insya Allah, ini menjadi tanggung jawab kita (DPRD) untuk bagaimana mendorong skala prioritas program dari masing-masing desa ini bisa terlaksana dengan baik.

“Seperti yang tadi disampaikan salah satu kepala desa bahwa ternyata hasil Musrenbang lebih banyak diakomodir oleh pokok-pokok pikiran DPRD, artinya aspirasi yang masuk ke DPRD terjawab dengan baik,” Tandasnya.

Camat Cikakak Sutopo mengatakan musrenbang ini merupakan tindak lanjut dari pra musrenbang yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Terdapat 47 usulan yang diusulkan kepada pihak kecamatan dari pihak desa untuk tahun 2024,” Jelasnya.

Baca Juga :  Kaca Angkot Jurusan Cibadak-Cisaat Pecah saat Bawa Pelajar SMK di Sukabumi

Tahapan musrenbang, harus diawali dengan tahapan perencanaan dengan adanya keterlibatan dari partisipasi pihak lain.

“Yang terpenting adalah keterlibatan dari semua pihak manakala hasil dari pembangunan itu dapat di pelihara dengan sebaik-baiknya,” Katanya. *